Senin, 06 April 2015

Pelajaran dari semut

Amsal 6 : 6-8 Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak:
biarpun tidak ada pemimpinnya, pengaturnya atau penguasanya,ia menyediakan rotinya di musim panas, dan mengumpulkan makanannya pada waktu panen.


Marilah kita belajar dari semut. semut adalah hewan yang kecil namun sangat kuat, faktanya semut bisa mengangkat benda yang beratnya 100x berat tubuhnya. Bahkan dikatakan bahwa semut tidak pernah tidur, tugasnya adalah menjaga ratu semut dan mencari makanan untuk koloninya. Luar biasa bukan, seekor semut tidak pernah berhenti dan bersungut-sungut, melainkan terus bekerja dengan semangat.


Karena itu kita harus bisa meniru semangat dan kerja keras dari seekor semut yang terus bekerja. Di ayat 7 dikatakan bahwa mereka tidak punya pemimpin, namun mereka tetap bekerja dengan giatnya. Sungguh berbeda dengan manusia zaman sekarang yang kebanyakan bekerja sungguh-sungguh ketika pimpinan mereka melihat. Semata-mata untuk ambil hati boss dan cari muka, padahal kalau diblakang boss maka orang tersebut malas-malasan. 


Sebagai Murid Kristus, kita harus berani bekerja keras. mengumpulkan "makanan" kita pada saat musim panen, sehingga ketika musim kering tiba, kita sudah memiliki resource yang cukup. Dalam hidup kita Tuhan tidak berjanji semua akan berjalan dengan baik, Tuhan tidak berjanji kita tidak akan melewati musim kering. Tetapi inilah tugas kita untuk mempersiapkan diri kita untuk segala kondisi. Hikmat sudah Tuhan berikan pada kita, untuk mengatur keuangan dan resource kita yang lainnya, sehingga dalam setiiap musim kita bisa survive.


Orang Kristen yang malas tidak akan mencapai hal-hal yang hebat dalam hidupnya. Hukum tabur tuai selalu berlaku, kalau kita menabur dengan bekerja keras, maka suatu hari kita akan mendapatkan hasilnya, namun jika kita santai- santai pada musim menuai, maka kita tidak akan menuai apa-apa. 


Hari ini, marilah kita belajar dari semut yang rajin dan bekerja keras serta mengumpulkan makanannya untuk musim kering. sehingga dalam hidup kita, kita akan selalu siap apapun kondisinya. GBU all




Tidak ada komentar:

Posting Komentar