Rabu, 15 April 2015

Ujian iman

Yakobus 1 : 2-4 Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan,sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan.Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun.


Dalam surat yakobus ayat yang pertama, kita sudah diingatkan untuk tetap kuat dalam pencobaan, bukan saja kuat, tapi kita harus tetap berbahagia dan semangat! Bukan karena kita sudah tidak normal, tetapi karena kita tahu apa yang ada di balik cobaan tersebut.


Pencobaan selalu datang kepada kita orang percaya, karena Iblis ingin mencobai kita dan menjatuhkan kita serta membunuh iman kita. Ingat pencobaan bukan datang dari Tuhan, tapi dari Iblis dan dari diri kita sendiri. ( Yakobus 1 : 14) Jadi sangatlah salah kalau kita berdoa dan menyalahkan Tuhan atas cobaan yang kita alami. Tuhan tidak mencobai kita saudaraku, tetapi cobaan tersebut dibiarkan TUhan terjadi untuk menguji kita dan memurnikan kita. Seperti Ayub, orang yang saleh, namun Tuhan mengizinkan semua yang terjadi padanya, untuk memurnikan ayub.


Kita harus mengenal apa yang dihasilkan dari pencobaan tersebut sehinga kita tidak menjadi kecewa dan down. Sebab kita tahu bahwa kalau kita Down, semangat kita patah, maka kita tidak akan keluar sebagai pemenang. Justru ketika dalam pencobaan kita harus semakin tekun, seperti ayat diatas berkata, ujian tersebut menimbulkan ketekunan. tekun dalam hal berdoa, tekun dalam mencari kehendak Allah, tekun dalam berusaha, tekun dalam menantikan janji Tuhan dan lainnya. 


Bukan saja ketekunan yang didapat, namun ketekunan tersebut juga akan mengahsilkan buah. Saya sangat yakin buah ini adalah buah Kebeneran, sukacita, buah dalam bentuk hikmat, buah dalam bentuk finansial, kesehatan dan semua yang baik jasmani maupun rohani. karena buah tersebut menjadikan kita sempurna, utuh dan tanpa kurang suatu apapun. 


Apabila anda sedang mengalami sesuatu yang berat atau kecewa dengan berbagai hal, ingat Tuhan tidak pernah mencobai anda , justru Tuhan mau lewat ujian tersebut kita lulus dan naik ke level berikutnya , sehingga semakin hari kita semakin sempurna seperti Kristus. Tetaplah berdoa dan kuat didalam Tuhan, karena Dia adalah sumber pengharapan kita

GBU . 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar